Inilah Cara Sakit Ginjal Gerogoti Tubuh

Mungkin anda salah satu penderita penyakit ginjal? Semua itu jangan anda anggap remeh. Seperti yang diungkapkan Direktur Utama RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Dra. Yulwiriawati Moesa, di Pekanbaru, Jumat, pendeteksian dini sangat cukup bermanfaat untuk mencegah penyakit ini.

Sewaktu sakit ginjal, menurut Moesa, sebaiknya penderita sakit ginjal mampu mendeteksinya secara dini agar lebih mudah untuk kesembuhan penderita.

"Caranya, kenali gejalanya yang salah satunya yakni gangguan pengecapan dan tidak nafsu makan. Jika ada gejala demikian, maka segera periksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit," tuturnya.

Tanda-tanda dini lainnya, lanjut Moesa, yaitu mengalami mual-mual dan muntah, berat badan turun serta lesu, gatal-gatal, gangguan tidur, hipertensi dan vena di leher melebar, serta adanya cairan di selaput jantung dan paru-paru.

Lalu, kata dia, otot-otot akan mengecil, gerakan-gerakan tak terkendali, kram, kulit kasar serta sesak napas dan confusion.

"Jika anda mengalami gejala yang demikian, disarankan secepatnya periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat. Jika tidak ada biaya, maka segera urus Jamkesda agar bisa mendapat pelayanan RSUD gratis," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar