Android Gingerbread Masih Mendominasi

Android

Berita untuk para pengguna Android, adopsi sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread) mengalami sedikit penurunan di awal tahun 2013. Walau sedikit menurun, nyatanya Gingerbread masih mendominasi penggunaan sistem operasi tersebut.

Demikian yang diungkapkan Google pada hasil survei yang dilakukan terhadap perangkat Android yang mengunjungi toko aplikasi mereka Google Play Store dalam 2 pekan sampai 3 Januari 2013.

Data OS Android
Menurut data Google yang tertera di situs web Android Developer penggunaan sistem operasi Android 2.3 menurun, dari angka 50,6 persen di periode sebelumnya, menjadi 47,6 persen di periode ini.

Walaupun turun hingga di bawah 50 persen, Gingerbread mungkin masih akan lama menguasai pasaran Android. Masih banyak vendor yang membuat perangkat mereka dengan mengadopsi sistem operasi tersebut ke pasaran.

Sedangkan Android versi yang lebih baru, seperti 4.1 dan 4.2 (Jelly Bean) mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Di periode ini, tingkat adopsi Jelly Bean telah mencapai 10,2 persen. Peningkatan dari angka 6,7 persen di Desember 2012.

Peningkatan ini disebabkan terjualnya perangkat-perangkat yang telah berbasis sistem operasi ini, seperti Samsung Galaxy S3, HTC One X, dan beberapa merek perangkat Google, seperti Nexus 7 dan Nexus 10.

Selanjutnya, Android 2.2 (Froyo) meraih 9 persen dan Android 2.1 (Eclair) dengan 2,4 persen.

Sepertinya tidak akan lama lagi, pengguna akan segera berhenti menggunakan Android versi 1. Hal ini terlihat dari sudah menghilangnya data dari Android 1.5 (Cupcake). Sedangkan Android 1.6 (Donut) tinggal menyisakan 0,2 persen pengguna saja.

Data OS Android Terbaru

0 komentar:

Posting Komentar