Tips Mengatasi Dan Mengendalikan Emosi

Tips Mengatasi Dan Mengendalikan Emosi adalah cara mengontrol, mengendalikan dan mengatasi emosi dalam diri sendiri. Mengatasi emosi sebenarnya tidaklah sulit. Jika anda marah dan tidak dapat mengendalikan emosi diri sendiri, kemungkinan perilaku anda menjadi tidak karuan. Tentu hal ini akan berdampak negatif untuk kehidupan anda.

Tips Mengatasi Dan Mengendalikan Emosi adalah cara mengontrol, mengendalikan dan mengatasi emosi dalam diri sendiri. Mengatasi emosi sebenarnya tidaklah sulit.

Berikut ini tips mengatasi dan mengendalikan emosi yang blog diawali kutip dari berbagai sumber. Silahkan disimak.
  1. Sewaktu rasa marahmu terpancing, pertama yang harus dilakukan adalah DIAM. Jangan biarkan mulutmu mengeluarkan suara bahkan kata-kata yang tidak karuan atau tidak sopan, kemungkinan hal ini terjadi secara refleks, tetapi sebenarnya masih bisa di kontrol atau di kendalikan.

  2. Ambil nafas panjang dari hidung, tahan selama 10 detik, lalu buang lewat mulut. Mengapa? Karena pada saat marah, darah mengalir ke atas, tapi waktu kita ambil nafas, oksigen masuk ke ruang otak yang membuat kita menjadi lebih rileks atau tenang.

  3. Ketika diri sudah sedikit lebih tenang, otomatis otak dapat berpikir dengan jernih. Karena kebanyakan emosi membawa kita kepada hal-hal 'nonsense' yang kita lakukan, yang akibatnya akan kita sesali.

  4. Ingatkan diri sendiri, manusia yang tak bisa mengontrol emosi itu orang yang lemah. Pikirkan hal-hal yang sebaliknya, meskipun sepertinya tak ada, pikirkan selalu hal-hal yang baik.

  5. Dengar musik favorit, lakukan hal yang menyenangkan. Buat diri anda senyaman mungkin.

  6. Jangan biarkan emosimu terus berlanjut. Karena emosi yang tidak dapat di atasi dapat menjadi penghancur yang bukan hanya menghancurkan sekelilingmu, tetapi juga REPUTASIMU. Jangan sekali-kali membiarkan dirimu hanyut dalam kemarahan, karena rasa marah itu dapat diingat terus menerus, bisa saja anda merasa diperlakukan tidak adil. Dan kemarahan akibat emosi sesaat itu mengakibatkan kebencian yang bisa berakar. Tentunya itu tak baik untuk kesehatanmu sendiri.

  7. Sebelumnya berpikir panjang terlebih dahulu apa yang akan terjadi akibat kamu marah. Banyak orang cenderung tak berpikir panjang sewaktu marah, dan bertindak buruk bahkan jahat jika sudah marah.

  8. Selalu pikirkan akibatnya. Kalau emosimu dilanjutkan, apa akibatnya? Selain reputasi yang buruk, diri kita juga akan menjadi sasaran empuk setan, karena kemarahan yang tidak terkontrol dapat menumpuk kebencian di hati kita.

  9. Segala sesuatu dimulai dari pikiran. Kontrol pikiranmu, kamu bisa kontrol emosimu. Berpikir benar membuahkan tindakan benar, berpikir salah membuahkan tindakan salah. Sekarang semuanya terserah diri kita sendiri!

  10. Jika kamu bisa mengontrol emosi Anda, kenapa tidak Anda lakukan? bersabar itu lebih baik dari pada Anda harus marah. Belajarlah mengontrol diri emosi diri kita sendiri.
Itulah artikel tentang Tips Mengatasi Dan Mengendalikan Emosi semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sering emosi tetapi sulit untuk diatasi dan dikendalikan.

1 komentar:

  1. ok...mengendalikan emosi dengan diam....
    jika kta diam qta pasti memendamnya , dan hal itu akan menumpukkan rsa kesal,,,
    = jgn membuat emosi mrah berlajut, cara untuk ini apa?
    krena dengan menahan emosi, pasti keseharianya bkal gak enak, ato uring2AN malh,,
    mohon penjelsanya ,

    BalasHapus