Tips Jitu Dalam Mengatasi Insomnia

Tips Jitu Dalam Mengatasi Insomnia - Insomnia atau susah tidur pada malam hari merupakan hal yang cukup menggangu bagi seseorang yang memiliki aktivitas pada esok harinya. Insomnia terlihat seperti hal biasa yang tidak memiliki efek samping, namun pada kenyataannya akibat dari insomnia maka seseorang akan mendapatkan masalah pada esok harinya, beberapa masalah itu adalah tubuh yang ngedrop karena kurangnya mendapatkan pasokan istirahat yang cukup, mengantuk, tidur ditempat kerja, bahkan sampai tidak bisa berfikir dengan jernih.

Tips Jitu Dalam Mengatasi Insomnia - Insomnia atau susah tidur merupakan hal yang cukup menggangu bagi seseorang yang memiliki aktivitas pada esok harinya.

Mengatasi kebiasaan insomnia terkadang membuat diri kita sendiri bingung yang akhirnya justru malah membuat kita menjadi tambah susah tidur. Jika anda ingin tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi insomnia yang sulit untuk diatasi, ternyata cara itu cukup sederhana, berikut tips - tips yang dapat anda lakukan versi blog diawali:

1. Santai saja
Berhentilah bekerja. Lalu buatlah jam santai sebelum anda tidur. Apapun pekerjaan Anda hari itu, tinggalkanlah. Lakukan sesuatu hal yang bisa membuat Anda bersantai, seperti mandi air hangat diselingi musik ringan, membaca bacaan ringan, atau menonton TV jika memang dapat membuat Anda santai (hindari berita TV).

2. Minum Susu
Minum susu memberikan rasa nyaman pada tubuh anda, selain itu susu juga dapat memberikan kebutuhan karbohidrat yang diperlukan tubuh anda saat malam tiba, diduga salah satu alasan yang membuat seseorang susah tidur adalah merasa lapar.

3. Jangan lihat Jam
Untuk tips yang satu ini agak sedikit berbeda namun cukup ampuh untuk mengatasi insomnia anda. Merasa resah karena tidak dapat memejamkan mata justru akan membuat anda semakin tidak bisa tidur atau membayangkan waktu yang terus berjalan sementara esok hari anda harus bekerja dan malam ini belum juga dapat menutup mata untuk beristirahat justru akan membuat anda semakin frustasi, jalan pintas untuk mengatasi hal ini adalah sangat mudah, balikkan jam weker anda, jangan lihat jarum jam yang berputar, anda tidak peduli malam ini akan tertidur pukul berapa, yang ingin anda lakukan hanyalah istirahat saat ini.



4. Hindari Kafein & Soda
Hindari kafein setelah jam 2 siang. Jangan pula mengonsumsi minuman bersoda dan obat sakit kepala.

5. Tidur Teratur
Pergi tidur dan bangun pada jam yang sama selama 7 hari. Karena dengan tidur teratur selama 7 hari mata anda akan terbiasa terpejam ketika sudah memasuki jam tidur anda

6. Olah Raga
Selain baik untuk kesehatan, olahraga juga dapat membuat anda lebih fresh dan dapat menghindari insomnia. Jadwalkan untuk berolahraga selama 30 menit dalam sehari selama seminggu. Anda bisa membagi-baginya dalam beberapa waktu dalam sehari. Misalnya, 10 menit jogging sebelum makan pagi, 10 menit pada saat makan siang, dan 10 menit pada waktu makan malam.

7. Relaksasi
Lakukan relaksasi tubuh dan pikiran seperti meditasi, yoga, atau pijat relaksasi.

Itulah tadi beberapa tips jitu dalam mengatasi insomnia, yang dikutip dari berbagai sumber di internet. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sering terkena insomnia.

1 komentar:

  1. Terima kasih telah berbagi, tipsnya sangat jitu sekali..

    BalasHapus